Jumat, 15 Februari 2013

Hukum membaca Al-Fatihah pada rakaat ketiga dan keempat

Assalamu'alaikum Wr. Wb...
Ustadz, bolehkan kita membaca surat/ayat2 al-Quran setelah membaca al-Fatihah pada rokaat ketiga dan keempat pada sholat fardhu?

Syukron atas jawaban ustadz
_____________

Jawaban:

Wa'alaikum salam Wr. Wb...
Membaca sebagian surat Al-Quran setelah membaca Al-Fatihah hanya disyariatkan pada dua rakaat pertama. Sedangkan untuk rakaat ketiga atau keempat, tidak ada pensyariatannya.

Dengan demikian, bukan pada tempatnya untuk dibaca pada rakaat ketiga dan keempat. Sebab prinsip dasar dalam ibadah shalat adalah pada dasarnya haram, kecuali ada perintahnya.

Hadits yg menyebutkan bahwa Rasulullah SAW hanya membaca ayat Al-Quran pada rakaat pertama dan kedua saja adalah:

Dari Qatadah ra. berkata bahwa Rasulullah SAW membaca dalam shalat Zhuhur pada dua rakaatnya yang pertama surat Al-Fatihah dan dua surat, beliau memanjangkannya di rakaat pertama dan memendekkannya di rakaat kedua. Terkadang beliau mendengarkan ayat. Beliau SAW membaca dalam shalat Ashar pada dua rakaatnya yg pertama surat Al-Fatihah dan dua surat, beliau memanjangkannya di rakaat pertama dan memendekkannya di rakaat kedua. Dan beliau memanjangkannya di rakaat pertama shalat shubuh dan memendekkannya di rakaat kedua". (HR. Bukhari dan Muslim).

Maka sebaiknya anda tidak membaca ayat Al-Quran pada rakaat ketiga atau keempat, kecuali hanya membaca surat Al-Fatihah saja.

Wallahu a'lam



From : KULIAH TUJUH MENIT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar